THR Lebaran 2022, Buruh Wanti-Wanti Pengusaha Jangan Dicicil Lagi

Pengurus Pusat Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menteri Tenaga Kerja yang telah menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor M/1/HK.04/IV/2022 tentang pelaksanaan sudah menguning THR). ) Agama tahun 2022 bagi pekerja/buruh di perusahaan. laut SE.

Sebab, pemerintah tidak lagi memberi ruang bagi perusahaan untuk mengembalikan atau menunda pembayaran THR. Menteri Tenaga Kerja juga secara khusus menyatakan bahwa THR 2022 merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh perusahaan terhadap karyawan.

Demikian disampaikan Presiden ASPEK Indonesia, Mirah Sumirat, dalam siaran pers tertulisnya, Sabtu (4/9/2022).

Mirah Sumirat mendesak semua pengusaha untuk mematuhi hak-hak THR karyawannya, termasuk sesuai dengan keputusan Departemen Tenaga Kerja, yang mengharuskan perusahaan untuk mematuhi praktik terbaik agama dan undang-undang THR Kementerian.

Bahkan perusahaan yang mampu pun diwajibkan oleh Sekda untuk membayar THR keagamaan terlebih dahulu sebelum jatuh tempo pembayaran THR keagamaan,” kata Mirah.

Terkait pembentukan Posko Satgas Tenaga Kerja (Posko Satgas) Ketenagakerjaan untuk pelayanan konsultasi dan penegakan hukum untuk pembayaran liburan 2022 di tingkat provinsi sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja, ASPECT Indonesia meminta Kementerian Tenaga Kerja dan Disnaker secara keseluruhan dan dan penegakan hukum yang akan ditentukan.